Selasa, 08 Februari 2022

Bahan dan Cara Memasak Mangut Ikan Gabus Yang Gampang

Mangut Ikan Gabus

Anda sedang mencari inspirasi resep Mangut Ikan Gabus yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Mangut Ikan Gabus yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Mangut Ikan Gabus, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Mangut Ikan Gabus enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Mangut Ikan Gabus adalah 9 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Mangut Ikan Gabus sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mangut Ikan Gabus memakai 24 jenis bahan dan 15 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sudah 3 hari ini lembur ikut berpartisipasi untuk suksesnya pilkada Borneo... 🤭 Resep kedua yang saya pilih adalah resep dari Mbak Eliza Mahyawi dari Pangkalanbun. Semoga sukses pilkada untuk Pangkalanbun ya mbak... Mangut ini salah satu makanan khas tradisional dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Bahan-bahannya bumbunya bahan bumbu khas tradisional Indonesia. Biasa menggunakan ikan lele yang diasap atau dibakar tapi berhubung di rumah hanya saya yang bisa makan lele jadi ikan saya ganti dengan ikan gabus... Terus saya ikut versi mbak Eliza ikannya digoreng aja #GA_TheNextLevel #Cookpad_id #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Sampit 255 13.8.2020

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mangut Ikan Gabus:

  1. 2 kg Ikan lele (sy 1 kg ikan gabus yg sudah dibersihkan)
  2. (Saya tambahkan 1/2 buah Jeruk nipis)
  3. Secukupnya Kunyit bubuk
  4. Ketumbar (saya skip)
  5. Secukupnya Garam
  6. Bumbu halus :
  7. 4 butir bawang merah
  8. 3 siung Bawang putih
  9. 1 buah Cabe merah
  10. 2 buah Kemiri
  11. 1 ruas Kunyit
  12. 2 ruas Kencur
  13. 1/2 sdt Ketumbar
  14. Serai (saya 2 batang)
  15. Laos (saya 2 cm)
  16. Daun salam (saya 2 lembar)
  17. Daun jeruk (saya 2 lembar)
  18. 750 ml Air (saya 650 ml)
  19. Garam (saya 1/2 sdt)
  20. Gula pasir (saya 1 sdt)
  21. 1 sdt Kaldu bubuk
  22. 2 bungkus (@65 ml) Santan instan (saya 1 bungkus saja)
  23. 1 ikat Kemangi
  24. (Saya tambah 5 buah Cabe rawit)

Langkah-langkah untuk membuat Mangut Ikan Gabus

  1. Siapkan semua bahan. Bersihkan ikan. Potong-potong. Cuci bersih. Lumuri dengan jeruk nipis. Ikannya dibumbui kunyit dan garam. Diamkan sampai kira-kira bumbu meresap. Kupas semua bumbu dan cuci bersih. Petik daun kemangi
  2. Goreng api sedang ikan gabus sampai matang
  3. Geprek serai dan laos. Potong-potong bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, kunyit dan kencur. Masukkan dalam blender
  4. Blender bumbu sampai halus. Ulek ketumbar sampai halus
  5. Tumis bumbu halus sampai harum
  6. Masukkan serai, laos, daun salam dan daun jeruk. Masak sampai bumbu matang
  7. Masukkan air. Masak sampai mendidih
  8. Masukkan garam, gula pasir dan kaldu bubuk. Aduk rata
  9. Masukkan ikan gabus goreng. Masak sampai mendidih, bumbu meresap dan air agak berkurang
  10. Masukkan santan instan. Aduk perlahan. Masak sampai mendidih
  11. Masukkan daun kemangi. Aduk rata
  12. Terakhir masukkan cabe rawit
  13. Mangut Ikan Gabus siap untuk disajikan
  14. Yuk cepetan ngambil nasi...
  15. 🤤

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Mangut Ikan Gabus yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

0 comments:

Posting Komentar

 
Top